Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Robot Tank Tanpa Awak Ciptaan Anak Bangsa

05 Februari 2018 - 21:54:20 | 296

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID – Sistem pertahanan negara merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi sebuah negara untuk menjamin keselamatan bangsa dan negara. Militer menjadi komponen utama dalam sistem pertahanan, maka dari itu kekuatan militer sangat penting diperhatikan. Perkembangan dewasa ini masing-masing negara saling berlomba untuk meningkatkan keuatan militer mereka terutama dalam bidang teknologi militer. Berkenaan dengan perkembangan teknologi militer, Indonesia tifak ketinggalan. Ini lantaran diciptakannya tank tanpa awak yang dei beri nama War-V1.

Mahasiswa Teknik Elektro dari Institut Teknologi 10 November (ITS), Bachtiar Dumais Laksana bersama temannya Adhitya Whisnu Pratama dan Muhammad Iqbal pada tahun 2016 mendesain dan merakit tank War-V1. Inovasi mereka ini sebenarnya sudah dirintis sejak 2,5 sebelumnya dan kemudian dikembangkan dalam rangka menyelesaikan tugas akhir. Tank Robot War-V1 ini ramah lingkungan dengan memasukkan mesin hybrid di dalamnya. 

Tank dengan dimensi 1,65 x 1,68 x 1,95 meter ini bisa digerakkan melalui remote atau dikendalikan langsung oleh seorang awak. Tank tersebut masih hanya dilengkapi senjata mesin dan juga dilengkapi dengan pelempar granat. Namun masih biasa dikembangkan semisal ditambah dengan roket. 

Di medan perang tank ini dapat digunakan untuk memecah konsentrasi musuh dan mendukung mobilisasi pasukan. Tidak hanya menjadi alat penghancur, tank ini juga dapat digunakan untuk mengirimkan bantuan darat secara diam-diam tanpa membuat keributan secara efektif dan efisien. Teknologi ini jika dikembangkan tentu akan sangat membantu tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk melaksanakan tugasnya.

Minatnya yang tinggi Bachtiar Dumais Laksana dan teman-temanya terhadap dunia militer membawanya untuk berinovasi dalam teknologi militer. Tidak tanggung-tanggung mereka juga membentuk perusahaan yang diberi nama BDL Tech. Melalui perusahaannya tersebut di tahun 2017 ia terus menggembangkan Inovasinya. Berbekal apresiasi dan support Kemenristekdikti mereka mengeluarkan varian baru teknologi robot tank yang di beri nama War-V2.Robot itu diikutkan dalam Pameran Inovasi Berbasis Teknologi (i3E) di Surabaya tahun 2017. 

Inovasi dan karya anak negeri ini patut diapresiasi dan didukung. Lebih lagi inovasi teknologi militer ini dapat menambah kekuatan pertahanan negara. Pengembangan teknologi militer tentu tidak diniatkan untuk memicu perang tetapi menjaga perdamaian. Terlebih lagi peran Indonesia selama ini yang selau berteriak langtang untuk terciptanya perdamaian dunia. (Dari Berbagai sumber/ ZA)





Login Member

Kumpulan Rubrik



Rubrik Hukum
       Konsultasi Hukum
       Pos Pengaduan Publik
Rubrik Agama
       Hikmah
       Kajian Kitab
       Khazanah
       Khotbah
       Tokoh Tokoh Islam
       Konsultasi Agama
       Doa Harian
       Humor
       Kabar Islam
Rubrik Organisasi
       KTA Online
       Konsultasi Organisasi
Rubrik Seni
       Film
       Musik
       Acting
Ruang Usaha
DPLN (LN)
Bela Negara
Teknologi Tepat Guna
Hijabers dan Fashionista
Petiga TV