Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Sejarah Naik Turunnya Perkembangan Islam di Bosnia

08 November 2017 - 21:52:49 | 353

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Islam terus berkembang sejak diutusnya Nabi Muhammad SAW dan menemukan momentumnya di zaman sahabat kemudian sampai pada masa Utsmaniyah. Ekspansi Islam sampai ke wilayah Eropa meliputi beberapa negara, penakhlukan terbesar waktu itu adalah Andalusia. Selain itu Islam juga berkembang di wilayah Bosnia dan Herzegovina pada abad ke 15 dan 16 yang dibawa oleh pasukan Kesultanan Utsmaniyah.

Masyarakat Bosnia yang memeluk agama Islam kemudian berkembang cukup pesat mencapai jumlah 4 juta orang. Mayoritas dari mereka bermadzhab Sunni dan beberapa komunitas kecil Syiah. Ketika terjadi perang Bosnia, banyak diantara masyarakat beragama Islam di Bosnia meninggalkan negaranya. Menurut perkiraan 1,7 juta masyarakat muslim asli Bosnia tinggal di Bosnia dan Herzegovina atau sekitar 50 pesen dari keseluhan negara. Selain itu juga ada sejumlah kecil muslim pendatang dari Albania, Rom dan Turki.

Dirunut dari sejarahnya Islam pertama kali dibawa ke Balkan oleh kesultanan Utsmaniyah pada pertengahan-akhir abad ke-15. Pada tahun tahun 1463 Kesultanan Utsmaniyah berhasil menguasai sebagian besar Bosnia dan menyusul Herzegovina tahun 1480-an. Selama abad berikutnya Bosnia di bawah pemerintahan Utsmaniyah. Dalam perkembangannya banyak dari orang-orang Slavia memeluk Islam dalam jumlah yang besar. Ketika itu juga terjadi perhgantian nama dari Bošnjanin menjadi Bošnjak ('Bosniak'). 

Pada awal tahun 1600-an, sekitar dua pertiga dari penduduk Bosnia adalah Muslim. Bosnia dan Herzegovina tetap sebuah provinsi di Kekaisaran Utsmaniyah dan memperoleh otonomi setelah pemberontakan Bosnia pada tahun 1831. Setelah Kongres Berlin pada tahun 1878 wilayah Bosnia dan Herzegovina sementara di bawah kontrol Austria-Hungaria. Pada tahun 1908, Austria-Hungaria secara resmi menganeksasi wilayah itu. Bosnia, bersama dengan Albania, adalah satu-satunya bagian dari Kekaisaran Utsmaniyah di Balkan di mana sejumlah orang yang masuk Islam dan tinggal di sana setelah kemerdekaan. 

Sama dengan di Indonesia, menurut data 2008 pemeluk Islam di Bosnia adalah terbesar yaitu sekitar 45 persen, kedua baru Kristen Ortodok yang jumlahnya sekitar 36 persen, mereka didominasi oleh orang Serbia. Kemudian baru Katolik Roma dengen presentase 15 persen yang sebgian besar orang Kroasia, Kristen Protestan 1 persen dan 3 persen lainnya.

Ketika pecah perang Bosnia, banyak sekali masyarakat Muslim di daerah tersebut diusir, dikristenkan, dibantai, dan ada juga yang melarikan. Masjid-masjid menjadi sasaran angkatan bersenjata Serbia dan Kroasia mereka menghancurkan Masjid dan masjid-masjid bersejarah di Bosnia dan Herzegovina. Perang Bosnia juga menyebabkan pengungsian dan mengakibatkan populasi Muslim di Bosnia menurun drastis. Ketika menginjak awal abad ke-21 banyak sekali masyarakat Muslim Bosnia yang mengungsi ke negara lain akhirnya dpat kembali lagi ke negeri asal mereka. Jelas saja ini menimbulkan peningkatan populasi Muslim di Bosnia. (ZA)





Login Member

Kumpulan Rubrik



Rubrik Hukum
       Konsultasi Hukum
       Pos Pengaduan Publik
Rubrik Agama
       Hikmah
       Kajian Kitab
       Khazanah
       Khotbah
       Tokoh Tokoh Islam
       Konsultasi Agama
       Doa Harian
       Humor
       Kabar Islam
Rubrik Organisasi
       KTA Online
       Konsultasi Organisasi
Rubrik Seni
       Film
       Musik
       Acting
Ruang Usaha
DPLN (LN)
Bela Negara
Teknologi Tepat Guna
Hijabers dan Fashionista
Petiga TV