Logo PPP

DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Siapa Sangka Jika Dunia Maya Juga Bisa Dilanda Bencana?

07 September 2017 - 15:44:15

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Perangkat teknologi hari ini telah membawa kemajuan pesat dalam berbagai bidang. Dunia seakan terlipat karena dengan tekhnologi orang tidak bersusah payah jika ingin menyampaikan sesuatu, tinggal berbicara atau menuliskannya di smartphone. Tidak hanya itu lebih hebat lagi teknologi mampu menciptakan dunia baru, dunia yang tidak butuh tanah untuk berpijak atau pepohonan untuk menghirap oksigen. Dunia itu adalah internet atau dunia maya yang kini telah berkembang dan mendorong munculnya berbagai media interaksi semacam Twitter, Facebook, Path, Youtube, Instagram dan masih banyak yang lainnya.

Dunia maya menyajikan banyak tawaran untuk kita, mulai dari hiburan, edukasi, persuasi dan semacamnya. Maka menjadi sangat wajar sebagian besar dari kita semakin sering mengunjungi dunia maya, berselancar ria mencari berbagai hal atau lebih sering sekedar iseng belaka. Kita melakukan itu tiap hari, tiap waktu dan detik tanpa tahu sebenarnya berapa lama kita telah berkunjung di dunia maya.

Sekarang ini kita mungkin boleh mengatakan bahwa teknologi adalah candu. Kita telah melihat anak-anak usia sekolah bahkan balita begitu dekat dengan teknologi, khususnya dunia maya. Sementara yang tua dan yang muda keranjingan menggunakan sosial media. Mereka bernarsis ria memajang foto andalan dan memaerkan kegitan keseharian yang mereka kerjakan. Memang ada yang masuk ke dunia maya untuk hal-hal positif, tetapi tidak sedikit yang juga datang ke sana untuk sebuah hal sia-sia.

Dunia maya tak uabahnya camp pengungsian tempat berlari dari penat dan gaduhnya kehidupan nyata yang harus dihadapi. Kebanyakan mengira dunia maya adalah ruang yang aman tanpa gangguan, karena tidak memiliki musim yang menentuakan cuaca dan bencana. Padahal kenyataannya dunia maya adalah alam liar tempat hidup binatang-binatang buas pornografi dan semacamnya sangat jauh lebih berbahaya dari binatang sungguhan. Jangan dikira dunia maya bebas dari bencana, kenyataanya justru menjadi sumber bencana yang dasyat. Bencana di dunia maya tidak sekedar mengancam hak hidup dan merugikan secara materiil saja, tetapi lebih dari itu. Bencana di dunia maya mengancam peradaban karena dapat merubah haluan masa depan.

Ujaran kebencian dan hoax merupakan salah satu contoh bencana di dunia maya. Kadang hoax seperti mengalir layaknya banjir, kadang pula dimuntahkan sperti tsunami yang dahsyat. Bencana di dunia maya bukanlah sebab faktor alam, musim atau cuaca. Bancana dunia maya bisa dibuat, kerena itulah menjadi sangat berbahaya. Siapapun bisa memproduksinya, membuat bencana dengan skala sesukanya. Jangankan berharap untuk menanggulanginya sebab memprediksi kedatangan bencana saja susahnya minta ampun. Dunia maya tidak didirikan semacam Badan Meteorolgi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk memprediksi kapan kira-kira bencana terjadi. Jadi tidak ada tanda dan perkiraan pasti hoax dan ujaran kebencian menimpa Dunia Maya.

Jika generasi emas penerus bangsa dan peradaban terus menerus dicekoki hoax dan ujaran kebencian apa jadinay dunia ini. Kehancuranlah yang akan terjadi, sebab hoax dan ujaran kebencian akan menuntun pada konflik dan peperangan. Kebiasaan hidup di dunia maya juga membuat generasi penerus miskin akan rasa, nilai moral dan etika. Tentu ini lebih berbahaya lagi, keruntuhan peradaban semakin dekat dengan keniscayaan jika hal tersebut dibiarkan. Mari kita saling mengingatkan agar bijak jika berkunjung di Dunia Maya. Semua orang saling memperhatikan jangan sampai hoax disebarkan. Mulai sekarang harus jeli memilih dan memilah informasi dan membuat standarisasi secara pribadi mana informasi layak dan mana yang bukan. Jangan terseret arus dari bencana yang terjadi di dunia maya, semoga kita senantiasa baik-baik saja. (ZA)





Login Member

Kumpulan Rubrik



Rubrik Hukum
       Konsultasi Hukum
       Pos Pengaduan Publik
Rubrik Agama
       Hikmah
       Kajian Kitab
       Khazanah
       Khotbah
       Tokoh Tokoh Islam
       Konsultasi Agama
       Doa Harian
       Humor
       Kabar Islam
Rubrik Organisasi
       KTA Online
       Konsultasi Organisasi
Rubrik Seni
       Film
       Musik
       Acting
Ruang Usaha
DPLN (LN)
Bela Negara
Teknologi Tepat Guna
Hijabers dan Fashionista
Petiga TV