Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

UU ORMAS Brankas Penjaga NKRI

01 November 2017 - 21:43:24 | 517

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Penerimaan Perppu Ormas No 2 tahun 2017 menjadi UU Ormas merupakan bentuk dari komitmen untuk menjaga bangsa Ini. Bagaimana tidak, adanya upaya mengganti sistem pemerintah dengan sistem lain merupakan ancaman serius. Persatuan dan kesatuan yang selama ini dipupuk sejak zaman sebelum kemerdekaan juga terancam. Jika sampai keutuhan bangsa ini terkoyak tentu akan membuat para founding father bangsa ini menangis jika mereka menyaksikannya. Perjuangan untuk mendirikan bangsa ini telah banyak meneteskan darah dan mengorbankan nyawa, sungguh sangat keterlaluan kita bila mebiarkan bangsa dirongrong oleh kelompok atau golongan tetentu. Apalagi jika kelompok tersebut sudah seperti membuat negara dalam negara dengan dalih Orgaisasi Masyarakat (Ormas).

Kini sah sudah UU Ormas untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Namun, pekerjaan rumah kita belum selesai tidak hanya sebatas itu. Tugas selanjutnya dan masih berkaiatan adalah memastikan UU Ormas ini sesuai kadar dan koridornya. Tidak membiarkan UU ini mengakibatkan abuse of power. Maka UU Ormas perlu ada direvisi, untuk memastikan bahwa kebeasn berserikat dan berkumpul tetap terlindungi. 

Sebagai sesama anak bangsa tentu kita memiliki rasa cinta akan tanah air Indonesia. Inilah yang harus senantias disirami dan dirawat agar menyemai kemudian menjadi kekuatan bersama untuk menjaga NKRI. Cinta tanah air merupakan hal yang sangat alamiah, Nabi Muhammad SAW pun mengajarkan hal itu. Beliau mendoakan tanah airnya (Mekah) ketika meninggalkan untuk berhijrah ke Madinah. Maka sungguh sangat wajar atau bahkan keharusan untuk mencintai tanah air dan menjaganya tetap utuh.

UU Ormas merupakan bentuk pengejawantahan atas rasa cinta terhadap tanah air. Kenapa begitu, karena UU Ormas ini digunakan menjaga bangsa Indonesia. Sebagaimana bila kita memiliki barang yang disukai (dicintai), pasti akan menjaga sekuat tenaga mulai dari meletakkannya ditempat yang aman, atau mungkin menempatkannya dibrankas dengan kode rumit supaya tidak hilang atau dicuri. Sama halnya ketika kita dititip barang, sebagai seorang yang amanah kita akan menjaganya dan tidak merusakkaannya. NKRI memang bukan barang yang kita cinta atau titipan, tetapi lebih dari itu dan teramat berharga bahkan tak ternilai, oleh sebab itu mari kita jaga bersama. UU Ormas ibaratnya adalah brankas, terbuat dari aturan-aturan untuk menjaga bangsa ini dari ancaman ideologi bahkan gerakan yang bertentangan dengan Pancasila. 

Sekarang bukanlah waktunya masing-masing orang, kelompok atau golongan saling menyalahkan tetapi harus saling menguatkan. Agar kinerja wakil-wakil kita di legislatif, eksekutif dan yudikatif dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Legislatif tentu kita harapkan agara mampu merevisi UU Ormas yang telah disahkan atas pengajuan eksekutif. Kita harap juga nanti setelah selesai revisi dan dirasa tepat yudikatif dapat menjalankan fungsinya. Begitulah seharusnya cara kita menjaga NKRI, menjaga warisan berharga para pahlawan. (ZA)





Login Member

Kumpulan Rubrik



Rubrik Hukum
       Konsultasi Hukum
       Pos Pengaduan Publik
Rubrik Agama
       Hikmah
       Kajian Kitab
       Khazanah
       Khotbah
       Tokoh Tokoh Islam
       Konsultasi Agama
       Doa Harian
       Humor
       Kabar Islam
Rubrik Organisasi
       KTA Online
       Konsultasi Organisasi
Rubrik Seni
       Film
       Musik
       Acting
Ruang Usaha
DPLN (LN)
Bela Negara
Teknologi Tepat Guna
Hijabers dan Fashionista
Petiga TV