Logo PPP

DEWAN PIMPINAN PUSAT
PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

Wadi Al-Salaam, Pemakaman Terbesar di Muka Bumi

13 Februari 2018 - 19:49:39 | 241

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

PPP.OR.ID - Wadi Al-Salaam merupakan sebuah kompleks pemakaman yang terletak di kota Najaf, Irak. Wadi Al-Salaam berarti 'Lembah Kedamaian' merupakan lahan berisi jejeran kuburan Islam. Pemakaman ini dikatakan sebagai yang terbesar di dunia.

Najaf adalah salah satu kota terbesar di Irak dengan populasi sekitar 600.000 orang. Kota yang dijuluki 'kota orang mati' ini membentang hingga 10 km di sepanjang lembah.

Tidak hanya duanggap sebagai pekuburan terbesar, Wadi Al-Salaam juga merupakan satu-satunya pemakaman 'tua' di dunia yang masih terus digunakan hingga kini meski sudah ada sejak 1.400 tahun lalu. Kompleks pemakaman ini memiliki luasarea 1.485,5 hektar dan berisi jutaan jasad manusia. 

Makam-makam di Wadi Al-Salaam dibangun menggunakan batu bata dan plester dengan tinggi berbeda-beda. Di antara kerumuman batu nisan, terdapat makam-makam sebesar rumah yang merupakan makam dari kalangan orang-orang kaya atau orang-orang berpengaruh di Irak. Makam mereka dibedakan dengan adanya kubah di bagian atas.

Di kompleks ini juga ada makam-makam bawah tanah yang dilengkapi tangga. Sementara makam-makam yang dibuat dari tahun 1930 hingga 1940-an memiliki ciri khas tersendiri, yakni menjulang sampai 10 meter dengan puncak membulat sehingga tampak lebih mencolok di antara makam-makam lainnya.

Seiring meningkatnya angka kematian akibat kekerasan perang yang melanda Irak selama bertahun-tahun, makam ini pun semakin meluas sebesar 40 persen hingga menjadi 3 mil persegi.

Jumlah kuburan terus bertambah setiap tahunnya, sejak tahun 2004. Pertama, sejak peristiwa perang melawan pasukan Amerika. Kemudian perang Sunni-Syiah antara tahun 2006 - 2007, dan terakhir pertempuran antara pemborantak dengan tentara Irak pada tahun 2008. (Dari berbagai sumber/ZA)





Login Member

Kumpulan Rubrik



Rubrik Hukum
       Konsultasi Hukum
       Pos Pengaduan Publik
Rubrik Agama
       Hikmah
       Kajian Kitab
       Khazanah
       Khotbah
       Tokoh Tokoh Islam
       Konsultasi Agama
       Doa Harian
       Humor
       Kabar Islam
Rubrik Organisasi
       KTA Online
       Konsultasi Organisasi
Rubrik Seni
       Film
       Musik
       Acting
Ruang Usaha
DPLN (LN)
Bela Negara
Teknologi Tepat Guna
Hijabers dan Fashionista
Petiga TV