Usulan Pemasangan PJUTS 270 Titik untuk Bireuen Direalisasikan

Rabu 2 Desember 2020

  • BAGIKAN

Pemasangan 270 titik PJU-TS yang tersebar di sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Bireuen merupakan usulan atau aspirasi Anggota Komisi VII DPR-RI Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Drs H. Anwar Idris.

Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia tahun anggaran 2020 realisasi pemasangan lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di 270 titik untuk Kabupaten Bireuen.

Pemasangan 270 titik PJU-TS yang tersebar di sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Bireuen merupakan usulan atau aspirasi Anggota Komisi VII DPR-RI Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Drs H. Anwar Idris.

“Usulan kami untuk tahun 2020 sebanyak 270 titik. Alhamdulillah terealisasi, dan tahun 2021 akan dilanjutkan lagi,” kata Drs H. Anwar Idris kepada Kabar Bireuen, Selasa (1/12/2020).

Sebut Anwar Idris, pemasangan PJUTS di Kabupaten Bireuen dan Kota Lhokseumawe difokuskan pada lokasi yang belum terjangkau jaringan listrik PLN.

“Sasarannya pada jalan jalan umum yang belum ada jaringan listrik dari PLN. Kemudian pada tempat ibadah dan dayah (pesantren),” kata politikus senior yang masih resmi sebagai Ketua Pembina Yayasan Almuslim Peusangan, Kabupaten Bireuen.

Secara tekhnis, lanjut mantan Wakil Ketua DPRK Bireuen ini, pemanfaatan dan pemeliharaan PJU-TS yang nantinya akan dikelola oleh Pemda.

“PJU-TS merupakan program nasional dalam pemanfaatan energi terbarukan yang ramah lingkungan. Dan ini menguntungkan bagi pemda karena dapat menghemat biaya listrik,” jelas Anwar Idris yang pernah menjadi Anggota Komisi X DPR-RI periode 2014-2019.

Direalisasikannya pemasangan PJU-TS di Kabupaten Bireuen, khususnya pada lokasi yang belum ada penerangan jalan, mendapat apresiasi dari masyarakat.

Muhajir Ismail dalam postingan di akun facebooknya menulis, “Alhamdulillah Bireuen terang. Jalan elak telah dipasang lampu tenaga surya mulai dari Geulanggang sampai ke Sago. Saya tidak tahu apakah sumber danannya APBN, APBA atau APBK, kami ucapkan terimakasih banyak-banyak kepada siapapun yang telah berjasa memperjuangkan lampu penerangan jalan tersebut.”

Salah seorang pemilik usaha kuliner di jalan elak Bireuen (eks lintasan rel kereta api) kawasan Cot Gapu, Mukhtaruddin mengaku, dengan dipasangnya PJU-TS sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Dulu kawasan itu (jalan elak yang menghubungkan Kecamatan Kota Juang – Kecamatan Peusangan) sangat gelap. Sekarang pada waktu malam sudah terang dan tidak lagi menjadi kawasan angker atau rawan,” kata mantan Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bireuen.

Sebagai informasi, PJU-TS merupakan lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya. (*)

Sumber: Kabarbireun (Foto: Kabarbireun)

  • BAGIKAN

Berita Lainnya

Edit Profil Sign Out

KARTU TANDA ANGGOTA

PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

No. KTA

3171.01.27061979.01.001

Nama

Arya Permana Graha

NIK

This is dummy copy

Jabatan Struktural

Jabatan Non Struktural

Tempat Lahir

Bukit Tinggi, Sumatera Barat

Tanggal Lahir

20 Januari 1965