Ketua Mahkamah : Ada Tiga Langkah Agar PPP Selalu Dicintai Umat

Jumat 11 Desember 2020

  • BAGIKAN

Ketua Mahkamah Partai Pesatuan Pembangunan (PPP) Zainut Tauhid Sa'ad (Foto : Dok DPP PPP )

PPP - Ketua Mahkamah Partai Pesatuan Pembangunan (PPP) Zainut Tauhid Sa'ad berharap Muktamar IX PPP menjadi titik balik kebangkitan PPP untuk mengembalikan kepercayaan kader dan masyarakat luas. Sehingga kader dan publik kembali menaruh harapan kepada PPP menjadi partai yang dapat memperjuangkan aspirasi politiknya.

“Partai yang dapat mengagregasi dan mengakomodasi seluruh kepentingan umat Islam dan bangsa Indonesia, melalui dakwah di bidang politik untuk membangun Indonesia yang lebih maju, modern, beradab, adil dan sejahtera,” kata politisi senior PPP yang kini menjadi Wakil Menteri agama tersebut, Kamis, (10/12/2020).

Untuk meraih simpati umat menurutnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh PPP. Pertama, PPP harus berani melakukan refleksi, evaluasi, muhasabah perjalanan PPP selama ini. “ Kita ingin melihat diri kita secara utuh, tentang siapa kita, dari mana kita, sekarang kita berada dimana dan mau kemana kita,” katanya.

Kedua, Meneguhkan kembali komitmen dan jati diri partai sebagai partai yang mengemban misi dakwah amar ma'ruf nahi munkar. Seperti yang kita tahu Para ulama melahirkan PPP karena ingin menjadikan PPP sebagai wadah umat Islam, para pemimpin umat Islam untuk menjadi media dakwah di bidang politik secara konstitusional.

“Dengan demikian kehadiran PPP harus dimaknai sebagai amanah bukan saja kepada warga PPP tetapi juga kepada seluruh umat Islam juga para pemimpin umat Islam,” ujar Wakil Menteri Agama ini.

Ketiga, melakukan konsolidasi, organisasi, program, ide, gagasan dan pemikiran. Untuk itu melalui momentum Muktamar IX PPP ini, PPP harus mampu menyusun rencana program kerja dengan melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan strategis. Karena hanya partai yang bisa beradaptasi dengan perubahan zaman yang bisa eksis dan tidak tergerus zaman.

Ia juga meyakini bahwa masyarakat masih dapat menerima kehadiran PPP yang memperjuangkan terwujudnya Islam rahmatan lil alamin dengan ciri ahlussunnah wal jama’ah yang menjadi asas PPP.

“Harus selalu diyakini dapat memberikan kontribusi positf dan maksimal kepada masyarakat. Tentunya melalui aktualisasi dan pendekatan yang sesuai dengan konteks, dengan terus hadir di tengah masyarakat dan memahami apa yang masyarakat butuhkan,” jelasnya.

Selain itu ia juga menjelaskan dinamika perolehan suara PPP dari pemilu ke Pemilu. Suara PPP pernah mengalami penurunan yang jauh lebih signifikan sebesar 11,81 persen pada pemilu 1987, dari 27,78 persen (1982) menjadi 15,96 persen (1987) karena konflik internal antar organisasi pendukung utama PPP.

“Namun PPP dapat bangkit secara bertahap dengan peroleh suara 17,06 persen (1992) dan naik cukup signifikan menjadi 21,85 persen pada pemilu 1997.

Katanya yang mesti kita sadari, naik turunnya kepercayaan rakyat pada suatu partai adalah hal yang kodrati. Selama partai tidak punah dan tenggelam di parlemen masih ada kesempatan untuk berbenah, meraih kembali kepercayaan umat dan rakyat.

  • BAGIKAN

Berita Lainnya

Edit Profil Sign Out

KARTU TANDA ANGGOTA

PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

No. KTA

3171.01.27061979.01.001

Nama

Arya Permana Graha

NIK

This is dummy copy

Jabatan Struktural

Jabatan Non Struktural

Tempat Lahir

Bukit Tinggi, Sumatera Barat

Tanggal Lahir

20 Januari 1965