DPR : Sipapun Kapolri Baru Nanti Harus Tegakkan Hukum Yang Berkeadilan

Selasa 12 Januari 2021

  • BAGIKAN

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PPP Arsul Sani (Foto : Istimewa)

PPP -  Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani berharap, siapapun yang nantinya menjadi Kapolri menggantikan sosok Idham Aziz dapat meneggakkan hukum secara berkeadilan.

“Kebijakan penegakan hukumnya tidak membuka kesan tebang pilih, atau tajam kebawah tumpul ke atas atau kelompok tertentu,” kata Arsul, Selasa, (12/1/2021).

Arsul mengakui, terdapat sejumlah pekerjaan rumah (PR) lainya yang harus dikerjakan dan diselesaikan oleh Kapolri yang baru nantinya.

Lanjut Arsul, bagaimana reformasi sistem di Polri bisa dipercepat lagi untuk mewujudkan sosok polri yang profesional, modern dan terpercaya atau promoter.

“Wujud Polri yang promoter itu adalah Polri bersih, terutama dalam melaksanakan proses-proses penegakan hukum, menggunakan pendekatan scientific crime investigation bukan mengejar pengakuan tersangka,” papar Politikus PPP ini.

"Ketika sebuah kasus yang seharusnya melibatkan orang tertentu dengan posisi ekonomi, sosial atau politik yang kuat maka tidak kemudian berhenti sampai pihak tertentu saja,"

Tidak hanya itu, kata Arsul, dalam penegakan hukum tersebut Kapolri baru juga harus tuntas dalam arti tidak melakukan limitasi terhadap proses hukum.

"Bagaimana pendekatan keadilan restoratif (restorative justice) bisa terus dikembangkan dalam kasus-kasus nyata yang menyangkut tindak pidana orang dengan orang dan bukan kekerasan," ujarnya.

Arsul juga meminta semua pihak agar sabar menunggu usulan nama calon Kapolri baru pengganti Idham Aziz dari Presiden Jokowi. sebab itu saya enggan untuk mengomentari terlalu jauh.

Sumber : kedaipena.com 

  • BAGIKAN

Berita Lainnya

Edit Profil Sign Out

KARTU TANDA ANGGOTA

PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

No. KTA

3171.01.27061979.01.001

Nama

Arya Permana Graha

NIK

This is dummy copy

Jabatan Struktural

Jabatan Non Struktural

Tempat Lahir

Bukit Tinggi, Sumatera Barat

Tanggal Lahir

20 Januari 1965