DPR Minta Polri Perkuat SE Ujaran Kebencian

Jumat 19 Februari 2021

  • BAGIKAN

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani (Foto : Istimewa)

PPP - Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PPP Arsul Sani mengatakan, polisi sudah memiliki Surat Edaran (SE) Kapolri Nomor 6 Tahun 2015 soal penanganan perkara ujaran kebencian. Ssebab itu ia meminta Jenderal Sigit mempertegas aturan tersebut.

"Ke depan, masyarakat berharap Polri menjadi serba-proporsional, bukan lagi berada pada posisi serbasalah. Salah satu caranya seperti yang diniatkan oleh Kapolri sendiri, yakni dengan membuat pedoman penanganan perkara terkait dengan UU ITE," kata Waketum PPP ini, Jumat (19/2/2021).

"Sebenarnya sudah ada SE Kapolri Nomor 6 Tahun 2015 terkait penanganan perkara ujaran kebencian di mana pendekatan preventif dan penerapan keadilan restoratif telah diletakkan sebagai pedoman. Ada baiknya apa yang ada dalam SE Kapolri ini dipertegas, diperluas, dan diangkat dalam sebuah perkap (peraturan Kapolri)," ucapnya.

Lebih lanjut Arsul menyarankan Polri mengkaji secara internal setiap laporan masyarakat yang berkaitan dengan UU ITE. Menurut Arsul, status laporan dapat diungkapkan setelah hasil kajian internal yang dilakukan.

"Selain itu, agar situasi serba-profesional ini tercipta, menurut kami di Komisi III, adalah ketika seseorang melapor dengan menggunakan UU ITE, maka kepada pelapor disampaikan bahwa laporannya akan dikaji dulu dan karenanya, kalaupun diberi tanda terima, masih merupakan tanda terima sementara saja," kata Arsul.

"Nantinya, setelah dikaji oleh internal Polri, baru diberitahukan kepada pelapor tentang status laporannya berdasar hasil kajian tersebut," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bicara tentang arahan Presiden Joko Widodo yang meminta polisi selektif dalam memproses laporan pelanggaran UU ITE. Menurut Sigit, selama ini polisi mengalami situasi yang serbasalah.

Sumber : detik.com

  • BAGIKAN

Berita Lainnya

Edit Profil Sign Out

KARTU TANDA ANGGOTA

PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

No. KTA

3171.01.27061979.01.001

Nama

Arya Permana Graha

NIK

This is dummy copy

Jabatan Struktural

Jabatan Non Struktural

Tempat Lahir

Bukit Tinggi, Sumatera Barat

Tanggal Lahir

20 Januari 1965