PPP : Baleg DPR RI Bahas 6 RUU Prolegnas Prioritas

Rabu 31 Maret 2021

  • BAGIKAN

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Achmad Baidowi (Foto: istimewa)

PPP - Badan Legislasi (Baleg) DPR RI sudah membahas enam RUU yang berada dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021. Enam RUU tersebut sudah dibahas di tingkat panitia kerja (Panja).

"Di Baleg, sudah ada enam RUU yang kemungkinan kita segera melakukan penyusunan, bahkan sudah mulai menyiapkan penyusunan," ujar Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Achmad Baidowi, Selasa (30/3/2021).

Enam RUU yang tengah dibahas Baleg adalah RUU Penghapusan Kekerasan Seksual, RUU tentang Keolahragaan Nasional, dan RUU tentang Pendidikan Kedokteran. Lalu, RUU Pembentukan Pengadilan Tinggi TUN, RUU tentang Pembentukan Pengadilan Tinggi Keagamaan, dan RUU Kejaksaan.

"Itu yang enam yang di panja di DPR sudah mulai jalan. Sementara, hanya RUU BPIP yang menjadi usulan pemerintah yang sudah masuk ke DPR," ujar Baidowi.

DPR sudah menetapkan sebanyak 33 RUU masuk dalam Prolegnas Prioritas 2021. Namun, lembaga legislatif itu menargetkan untuk menyelesaikan sebanyak 30 persen.

"Rasional dan masuk akal itu kalau terealisasi 30 persen itu sudah bagus itu. Karena faktanya tidak jauh-jauh dari itu tiap tahun, karena proses pembahasan di DPR tidak melulu soal legislasi," ujar politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Sebelumnya, DPR RI resmi mengesahkan program legislasi nasional (prolegnas) prioritas tahun 2021. Pengambilan keputusan dilakukan dalam rapat paripurna DPR RI ke-15 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2020-2021.

Sumber : Republika

  • BAGIKAN

Berita Lainnya

Edit Profil Sign Out

KARTU TANDA ANGGOTA

PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

No. KTA

3171.01.27061979.01.001

Nama

Arya Permana Graha

NIK

This is dummy copy

Jabatan Struktural

Jabatan Non Struktural

Tempat Lahir

Bukit Tinggi, Sumatera Barat

Tanggal Lahir

20 Januari 1965