Anggota Komisi X DPR RI Harap Pengambilalihan TMII Menambah Daya Tarik Wisatawan

Kamis 8 April 2021

  • BAGIKAN

Hj. Illiza Sa’duddin

Jakarta - Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PPP Illiza Sa’aduddin Djamal mengapresiasi langkah pemerintah dalam pengambilalihan kembali Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Seperti yang kita ketahui TMII Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah miniatur Indonesia untuk seluruh daerah yang beragam suku dan bangsa, oleh karena itu harus dikelola oleh pemerintah agar dari segi sarana dan prasarana bisa lebih mumpuni untuk wisatawan dan pesan keberagaman Indonesia yang damai tetap terjaga," ungkap Illiza.

Menurutnya, pada dasarnya TMII memang aset negara di bawah Kementerian Sekretariat Negara. Namun pada 1977, terbit Keputusan Presiden Nomor 51/1977 yang memberikan pengelolaan TMI kepada Yayasan Harapan Kita.

"Pengelolaan yang lebih baik akan menambah daya tarik wisatawan untuk berwisata di TMII. Pindah alih manajemen tidak berdampak kepada para karyawan jadi tidak perlu khawatir, para pekerja akan tetap bekerja seperti biasa dan beroperasi seperti biasa," pungkasnya.

Seperti diketahui, dalam waktu tiga bulan, pemerintah akan menunjuk mitra baru untuk mengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Tim transisi dari Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) yang akan menunjuk pengganti Yayasan Harapan Kita, pengelola TMII selama 44 tahun.

Sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pengelolaan TMII, Yayasan Harapan Kita diberi waktu tiga bulan untuk menyerahkan pengelolaan TMII.

"Diharapkan di tiga bulan ini juga sudah ada pihak mitra atau pihak ketiga yang ditunjuk tim transisi Kemensetneg, tentang siapanya nanti, tim sedang berproses," kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Setya Utama dalam konferensi pers daring, Rabu (7/4/2021).

  • BAGIKAN

Berita Lainnya

Edit Profil Sign Out

KARTU TANDA ANGGOTA

PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

No. KTA

3171.01.27061979.01.001

Nama

Arya Permana Graha

NIK

This is dummy copy

Jabatan Struktural

Jabatan Non Struktural

Tempat Lahir

Bukit Tinggi, Sumatera Barat

Tanggal Lahir

20 Januari 1965