Legislator PPP Dorong Kemenpora Buat Aturan Untuk Edukasi Supporter Sepak Bola

Jakarta – Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PPP Illiza Sa’aduddin Djamal mengecam aksi oknum supporter Indonesia atas pelemparan terhadap bus yang ditumpangi para pemain Timnas Thailand jelang menghadapi Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2022 di ajang Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (29/12/2022) sore kemarin. Menurutnya aksi tersebut telah mencoreng nama baik Indonesia.

“Atas kejadian itu saya mendorong Menpora untuk segera membuat aturan turunan hingga bisa memaksa seluruh stake holder melakukan edukasi terhadap para supporter,” jelas Illiza, Jumat (30/12/2022).

Menurutnya, kejadian ini mencerminkan kalau supporter Indonesia masih kurangnya edukasi hingga akar rumput serta proses transformasi sepak bola Indonesia yang belum berjalan dengan baik.

“Seharusnya kejadian memalukan seperti ini tidak terjadi, apalagi waktu itu Indonesia menjadi tuan rumah. Sebagai tuan rumah supporter Indonesia harus ramah dan menunjukkan sikap sportif,” kata Illiza,

Politisi PPP ini menilai tindakan yang dilakukan oleh oknum-oknum suporter ini menunjukkan tindakan yang jauh dari tindakan sportivitas. Sebab itu kata dia, kedepan harus ada proses edukasi yang sustainable terhadap seluruh supporter Indonesia.

“Kita ingin supporter Indonesia itu ramah dan sportif, berani menunjukkan sikap bangsa Indonesia yang besar,” ungkapnya.

Kemudian ia meminta kepada aparat kepolisian untuk menindak tegas oknum supporter tersebut. Bagi dia kejadian itu telah melanggar hukum sebab itu harus juga di proses secara hukum.

“Kepolisian harus menindak tegas oknum tersebut, biar kedepan kejadian seperti ini tidak terulang lagi,” tegasnya.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

INSTAGRAM

IKUTI KAMI

313,160FansSuka
53,232PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

TERKINI