DPP KNPI Anugerahi Amir Uskara Sebagai Tokoh Nasional Penuh Inspirasi Pemuda Indonesia

Amir Uskara dianugerahi KNPI Award 2021 kategori Tokoh Nasional Penuh Inspirasi Pemuda Indonesia pada Rapimpurnas KNPI di Malang, Jawa Timur, Minggu (12/12/21).

Ketua Fraksi PPP DPR RI yang juga Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara, meraih penghargaan pada puncak malam Penganugerahan DPP KNPI Awards 2021.

Amir menyabet penghargaan sebagai Tokoh Nasional Penuh Inspirasi Pemuda Indonesia oleh Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) di bawah kepemimpinan Noer Fajrieansyah.

Raihan tersebut diberikan pada Rapat Pimpinan Paripurna Nasional (Rapimpurnas) KNPI yang digelar di Grand Pujon View, Kota Batu, Malang, Jawa Timur, Minggu (12/12/21) kemarin.

Pertemuan nasional tersebut dihadiri seluruh OKP (organisasi kepemudaan) di Indonesia serta pengurus DPD KNPI tingkat daerah.

Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas hadir secara daring membuka Rapimpurnas DPP KNPI tersebut.

Rapimpurnas ini digelar secara hybrid diikuti oleh dua DPP KNPI yang sebelumnya sempat terpecah pasca Kongres Bogor yakni, Ketua Umum DPP KNPI Noerfajriansyah dengan Sekjen Addin Jauharudin dan Plt Ketua Umum DPP KNPI Mustahudin bersama Sekjen Jakson Kumaat.

Menanggapi hal tersebut, dari Malino, Sulawesi Selatan Amir Uskara mengucapkan terima kasihnya dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada DPP KNPI di bawah kepemimpinan Noer Fajrieansyah yang telah menganugerahkan dirinya sebagai tokoh yang memotivasi anak muda.

“Tentu ini sebagai motivasi buat saya untuk terus melakukan yang terbaik untuk kepentingan anak muda di Indonesia. Mudah-mudahkan apa yang menjadi harapan, dan apa yang menjadi keinginan dan cita-cita dari pendiri bangsa ini, bisa terwujud melalui anak muda, khususnya anak muda yang ada di KNPI. Sekali lagi, terima kasih. Semoga apa yang diberikan ini, bermanfaat bagi saya, keluarga, bangsa, agama dan negara. Sekian Assalamualaikum wr wb,” ucap Amir Uskara seperti dikutip dari video yang disampaikan ke panitia pemberi award DPP KNPI tersebut.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP KNPI Habibie Mahabbah selaku juri penilai dalam penganuegrahan itu mengatakan, Amir Uskara sangat layak mendapatkan penghargaan tersebut.

Mengingat, banyak kontribusi Amir Uskara pada pemuda Indonesia, bukan hanya pemuda di Jakarta tapi juga pemuda di daerah.

“Setelah saya bersama tim mendiskusikan perihal siapa yang paling layak mendapatkan penghargaan pada kategori Tokoh Nasional Penuh Inspirasi Pemuda, kami memiliki nama. Namun, hasil kajian dan penelusuran kami, jatuh pada Bapak Amir Uskara. Nama lain cukup bagus, hanya saja Pak Amir Uskara ini tak hanya memotivasi anak muda, juga konkrit memberi beasiswa dan lapangan kerja bagi anak muda Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan. Semoga penganugerahan ini bisa memberi dukungan ke anak muda untuk terus berkarya untuk Indonesia,” beber Habibie.

Habibie menjelaskan, kontribusi Amir Uskara tak hanya sampai di situ. Dari sejumlah laporan yang masuk Amir Uskara sendiri sangat aktif dan terlibat mendorong kemajuan pemuda Indonesia. Bahkan terjun langsung sebagai pembina organisasi kepemudaan.

“Sangat jarang, tokoh nasional yang terus peduli dan konsen terhadap isu-isu kepemudaan. Ditambah, dari karir politik Amir Uskara dari bawah, bermula dari DPRD Kabupaten Kota, DPRD Provinsi hingga DPR RI. Ini menjadi motivasi tersendiri bagi pemuda Indonesia untuk terus bekerja, kreatif dan meningkatkan kapasitasnya sebagai pemimpin masa depan bangsa,” jelas Habibie.

Secara terpisah, Sekretaris DPD II KNPI Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan Fatahuddin Lewa ikut senang dengan penghargaan tersebut. Bagi Fatahuddin, penganugrahaan itu sangat pantas diraih Amir Uskara. Ia bangga penghargaan DPP KNPI tersebut jatuh pada putra asli Kabupaten Gowa itu.

“Bagi kami di Gowa, DPP KNPI telah mengambil keputusan yang sangat tepat dengan memberikan penghargaan kepada Bapak Amir Uskara. Selama ini beliau selalu hadir dan waktunya selalu tersedia buat pemuda buat berdialog dari berbagai organisasi tanpa memadang latar berlakang warna,” terang Fatahuddin pada wartawan yang ikut memantau jalannya proses pembukaan Rapimpurnas secara daring.

Untuk diketahui, selain banyak terlibat membangun pengembangan pemuda, Amir Uskara juga dikenal terlibat memajukan dunia olahraga.

Peraih gelar Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Padjajaran (Unpad) itu tak lain adalah Ketua Forki Sulawesi Selatan.

Amir juga banyak menuangkan pemikirannya dalam bentuk tulisan yang tersebar di berbagai media.

Beberapa buku juga telah diterbitkan selama ia berkiprah di Senayan beberapa tahun terakhir. Salah satunya buku berjudul “Ayo Membangun Desa”.

Saat ini Amir Uskara tercatat sebagai Ketua Dewan Pembina Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Gowa. Dia juga pernah masuk sebagai Pengurus KNPI Gowa.

Meski secara kultural berlatar Nahdlatul Ulama, tapi Amir dalam beberapa kesempatan turut mendapat tempat di berbagai organisasi kepemudaan, seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan lainnya. (*)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

INSTAGRAM

IKUTI KAMI

313,939FansSuka
48,132PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

TERKINI