PMK Resahkan Masyarakat, PPP Minta Pemerintah Percepat Vaksinasi Hewan Ternak

Jakarta – Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PPP Ema Umiyyatul Chusnah meminta pemerintah untuk melakukan percepatan vaksinasi hewan ternak dan memperketat pengawasan karantina di tiap wilayah guna mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Penyebaran Wabah PMK disebut mulai meresahkan masyarakat jelang Hari Raya Idul Adha.

“Diberbagai wilayah di Indonesia banyak hewan ternak yang terpapar PMK. Setidaknya sudah ada 15 provinsi yang terpapar PMK dengan daerah yang mayoritas masyarakatnya Islam,” terang Umiyyatul Chusnah, Selasa (24/5/2022).

Dia menyebutkan, 15 daerah yang terpapar PMK di antaranya Aceh, Bangka Belitung, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara.

Menurutnya, kebutuhan masyarakat akan hewan ternak meningkat jelang Hari Raya Idul Adha. Sementara banyaknya kasus hewan terjangkit PMK belakangan meresahkan masyarakat luas.

“PMK ini menyebabkan petani atau peternak mengalami kerugian,” ujarnya.

Politisi PPP ini mengungkapkan, bahwa saat ini terdapat 13.965 ekor hewan ternak yang sudah terpapar PMK. Oleh sebab itu, ia meminta pemerintah untuk memastikan pencegahan penyebaran PMK dengan cara mempercepat proses vaksinasi ternak.

“Saat ini Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) Surabaya sedang memproduksi vaksin untuk melawan virus PMK serotipe O/ME-SA/Ind/2001 yang beredar di Indonesia.Tentu ini menjadi salah satu solusi agar PMK dapat dicegah biar tidak semakin meluas,” jelasnya.

Selain itu, ia juga meminta pemerintah agar mengambil kebijakan pemberian kompensasi kepada petani atau peternak yang hewan ternaknya mati akibat terserang PMK.

“Momentum Idul Adha tahun ini merupakan kesempatan bagi masyarakat ber-euforia perayaan Hari Raya Idul Qurban setelah dua tahun dilarang akibat pandemi Covid-19,” tutupnya.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

INSTAGRAM

IKUTI KAMI

313,160FansSuka
53,232PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

TERKINI