Cegah Meningkatnya DBD, PPP Ajak Masyarakat Tingkatkan Kegiatan 3M Plus

Jakarta – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengajak kader PPP seluruh Indonesia untuk melakukan langkah-langkah pencegahan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di daerah masing-masing. Hal ini diungkapkan Ketua DPP PPP Atik Heru Maryanti dalam rangka memperingati Hari Demam Berdarah Asean 2022.

“Pencegahan kasus DBD ini bisa dilakukan melalui gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3 M Plus. Kegiatan 3M ini meliputi pertama, menguras (membersihkan) bak mandi, vas bunga, tempat minum binatang peliharaan, serta menutup rapat Tempat Penampungan Air (TPA),” Jelas Atik, Rabu (15/6/2022).

Menurutnya, pencegahan dan penanganan masalah DBD harus dilakukan secara kolektif, bersama-sama mulai dari hulu sampai hilir. Serta adanya kerjasama dan sinergi seluruh pihak baik masyarakat, pemerintah, sampai dengan fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan.

“Pencegahan dapat dilakukan dengan peran serta dan pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan setiap keluarga untuk pemeriksaan, pemantauan, pemberantasan jentik nyamuk untuk pengendalian penyakit DBD,” terangnya.

Atik juga menjelaskan, sampai saat ini obat dan vaksin untuk melumpuhkan Aedes Aegypti dan Aedes Albocpictus pada kasus demam berdarah dengue (DBD) belum ditemukan.

“Sebab itu melakukan pencegahan dari gigitan nyamuk penyebab DBD perlu diperhatikan seluruh masyarakat, karena selain obat dan vaksin belum ada, faktor utama penyembuhan adalah kekebalan tubuh dari penderitanya,” tukasnya.

Dia menambahkan, bahwa peringatan hari DBD ini sangat penting untuk menjadi pernenungan bersama dalam rangka meningkatkan komitmen nasional maupun antar anggota ASEAN untuk lebih pro aktif dalam melakukan aksi kemasyarakatan untuk pengendalian dan penanganan demam berdarah yang lebih baik, sehingga bisa memutus rantai kematian akibat DBD.

“Dalam hal ini PPP sangat perhatian terhadap kasus-kasus Kesehatan masyarakat yang berdampak langsung pada keselamatan dan kepentingan rakyat,” pungkasnya

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

INSTAGRAM

IKUTI KAMI

313,160FansSuka
53,232PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

TERKINI