Usulkan Aceh jadi Pusat Embarkasi Haji, Anggota DPR: Biaya Lebih Murah

Jakarta – Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PPP Illiza Sa’aduddin Djamal mengusulkan agar Aceh menjadi pusat embarkasi dalam pemberangkatan jamaah haji asal Indonesia ke Arab Saudi.

“Bukan tanpa alasan, pertama Aceh memiliki historis berkenaan dengan pemberangkatan jamaah haji Indonesia. Di pulau Rubiah Sabang, terdapat bangunan karantina haji pertama di Indonesia. Ini merupakan bukti bahwa jejak sejarah haji tertua dan embaraskasi pertama di Indonesia itu ada di Aceh,” jelasnya.

Kedua, kata Illiza, jarak tempuh dari Aceh ke Arab Saudi 5.918 km atau hanya 6 jam ini lebih cepat 2 jam lebih cepat dari Jakarta – Arab Saudi, Ini juga akan memangkas cost atau biaya pemberangkatan haji jadi lebih murah,” jelas politisi asal Aceh ini.

Selanjutnya, usulan ini juga merupakan keinginan masyarakat Aceh yang disampaikan ke rumah Aspirasi Illiza, menurut mereka dengan memusatkan embarkasi ke Aceh maka dapat memberikan dampak positif untuk pertumbuhan perekonomian Aceh dan upaya dalam mewujudkan dan bentuk stimulan pemerataan perekonomian seperti yang tertuang di UUD 1945.

“Ini akan menjadikan perekonomian Aceh lebih maju lagi sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mengingat Aceh menurut data BPS 2021 tingkat penduduk miskin 15.53% menempati urutan pertama,” tandasnya.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

INSTAGRAM

IKUTI KAMI

313,153FansSuka
53,040PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

TERKINI