Harlah Emas ke 50 Tahun, PPP Jatim Ziarah ke Makam Tokoh Partai

Jatim – Memperingati Harlah Ke-50 atau Harlah emas Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tahun 2023, Pengurus Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPP Jawa Timur (Jatim) melakukan ziarah ke makam KH Bisri Syansuri di Pondok Pesantren (Ponpes) Mambaul Ma’arif, Denanyar, Jombang, Kamis (05/01/2023).

Selain itu, PPP Jatim juga berziarah ke makam KH Hafid Ma’shum di Jagalan, Jombang dan makam KH Adlan Aly di Ponpes Tebuireng, Jombang.

Para tokoh yang diziarahi tersebut merupakan sosok yang sangat berjasa terhadap PPP, seperti KH Bisri Syansuri yang merupakan pencipta lambang PPP.

Ziarah ini dipimpin oleh Ketua DPW PPP Jatim, Hj Mundjidah Wahab dan diikuti jajaran Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Jombang serta Fraksi PPP Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jombang.

Kedatangan rombongan PPP ini disambut Pengurus Yayasan Ponpes Mambaul Ma’arif, Nyai Muflihah Shohib. Mereka beramah tamah di Ndalem Kasepuhan Pesantren Mambaul Ma’arif.

Kepada Nyai Muflihah, Hj Mundjidah Wahab menceritakan panjang lebar tentang peran KH Bisri Syansuri dalam membesarkan PPP. Selanjutnya, pengurus partai berlambang Ka’bah ini bergeser ke lokasi makam KH Bisri Syansuri untuk berziarah. Mereka terlihat berdoa bersama di depan makam Kiai Bisri Syansuri.

Ketua DPW PPP Jatim, Hj Mundjidah Wahab menjelaskan, ziarah ke makam KH Bisri Syansuri itu dalam rangka peringatan Harlah ke-50 PPP.

“Kiai Bisri merupakan tokoh yang menciptakan lambang PPP melalui istikharah. Setelah beliau umroh, beliau mimpi lambangnya Ka’bah. Jadi ditetapkanlah lambang Ka’bah Partai Persatuan Pembangunan,” terangnya.

“Kiai Bisri ini selain pendiri, juga pencetus lambang kabah PPP. Yakni ketika fusi tahun 1973. Saat itu ada 4 partai Islam, yakni Partai Nahdlatul Ulama, Parmusi, Perti dan Parmusi. Empat Parpol tersebut digabung menjadi PPP atau Partai Persatuan Pembangunan,” terangnya lagi.

Hj Mundjidah Wahab menjelaskan, saat mencetuskan lambang tersebut, Kiai Bisri juga menjabat sebagai Rais Aam NU, sepeninggal KH Wahab Chasbullah pada 1971.

Dikatakannya, agenda ziarah kali ini terasa istimewa karena pada tahun 2023 ini, PPP memperingati Harlah ke-50 atau Harlah emas.

“Itu semakin klop dengan nomor urut PPP dalam Pemilu 2024 adalah 17. Sehingga tema Harlah tahun ini adalah Satu Tujuan Menjemput Kemenangan 2024 Partai Persatuan Pembangunan,” tutupnya.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

INSTAGRAM

IKUTI KAMI

313,160FansSuka
53,232PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

TERKINI