PPP Dorong Penegakan Hukum di Tahun Politik

Jakarta – Badan Pemenangan Pemilu (Baplilu) Nasional Partai Persatuan Pembangun (PPP) gelar #PPPchat dengan tema “Penegakan Hukum di Tahun Politik” di Kantor DPP PPP (Ahad, 26/11/2023). Kegiatan ini untuk mewujudkan pemilu yang jujur, adil dan berintegritas.

Wakil sekretaris Bappilu Nasional PPP Norman Zain (Didik) mengatakan pemilu 2024 harus berjalan dengan baik, aman tertib, damai, berintegritas, tanpa politisasi SARA, dan politik uang, sebab itu penegakan hukum harus benar-benar ditegakkan.

“Penyelenggara pemilu baik KPU maupun Bawaslu perlu disiapkan dengan matang. Selain pengetahuan dan keterampilan dalam kepemiluan, juga diperlukan integritas untuk menyukseskan pemilu,” jelas Didik.

Menurutnya, pemilu 2024 sangat kompleks dan punya tantangan tersendiri yang harus diselesaikan pihak penyelenggara tidak terkecuali dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM)

“Penyelenggara maupun pengawas pemilu harus profesional dengan dikuatkan integritas. Kombinasi keduanya ini akan menghasilkan pemilu yang berkualitas, kredibel, dan bermartabat,” terang didik.

Selain itu kata dia, jajaran Kejaksaan dan Kepolisian harus mampu menjaga netralitas pemilu supaya pemilu berjalan baik dan aman.

“Aparat penegak hukum harus menjaga netralitas, itu penting supaya pemilu bermartabat dan mengamhasilkan pemilu yang berkualitas,” tukasnya.

Sementara Ketua LABH DPP PPP Erfandi penegakan hukum merupakan usaha untuk melaksanakan norma-norma yang telah disepakati dan ditetapkan.

“Karena tanpa Pemilu yang bersih, jujur, bermartabat dan adil makan penegakan hukum akan terdistorsi dan semakin jauh dari cita-cita bangsa Indonesia,” terang dia.

karenanya lanjut dia, pemilu sebagai perwujudan pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan dalam suatu sistem demokrasi langsung tentunya harus sesuai dengan prinsip dan konsep pemilu.

“Dalam hal ini sudah tentu rakyat Indonesia menghendaki adanya Pemilu yang jujur dan adil, pergantian kekuasaan, baik kekuasaan lembaga eksekutif maupun kekuasaan lembaga legislatif,” pungkasnya.

Hadir sebagai pemateri pada kegiatan ini diantaranya, Sugeng Teguh Santoso (Ketua IPW), Dr. Fira Mubayyinah, MM. (Kepala Pusdak), Erfandi, SH, MH. ( Ketua LABH DPP PPP) dan moderator Hamam As’ary.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

INSTAGRAM

IKUTI KAMI

313,160FansSuka
53,232PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

TERKINI