Wamenag: 1.023 Jamaah Umrah Indonesia, Semuanya Negatif COVID-19

Jakarta – Wakil Menteri Agama Republik Indonesia, Zainut Tauhid Saadi menyebut dari 1.023 jemaah umrah asal RI yang sudah sampai Arab Saudi, semuanya dinyatakan negatif COVID-19.

“Informasi dan laporan PPIU bahwa hasil PCR pertama saat karantina kedatangan jemaah umrah di Arab Saudi seluruhnya negatif COVID-19,” kata Zainut dalam Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR RI di Kompleks MPR/DPR, Senayan Jakarta, Kamis (13/1/2022).

Zainut merinci dari total 1.023 jemaah umrah yang sudah berangkat, 870 jemaah di antaranya telah skrining kesehatan di Asrama Haji Jakarta. Setibanya di Saudi, Ia memastikan seluruh jemaah menjalani karantina institusional selama lima hari sebelum menjalankan umrah.

“Sebelum keberangkatan, jemaah umrah dari Asrama Haji, Kemenag selalu memberikan edukasi agar mereka senantiasa menaati seluruh protokol kesehatan yang diberlakukan oleh kedua negara,” kata Zainut.

Lebih lanjut, Zainut menjelaskan jemaah umrah yang diberangkatkan dari Asrama Haji Jakarta menggunakan maskapai penerbangan Lion Air dan Saudi Arabia Airlines. Kedua maskapai itu melayani penerbangan langsung ke Saudi.

Sementara itu, terdapat satu penerbangan lain dari maskapai Qatar Airlines digunakan jemaah yang melakukan skrining kesehatan di luar Asrama Haji Jakarta.

Zainut mengatakan pihaknya telah mengirimkan surat kepada Kepala BNPB agar Asrama Haji Jakarta dapat digunakan sebagai alternatif lokasi karantina khusus bagi jemaah umrah. Ia mengatakan prosedur administrasi tengah diupayakan agar karantina jemaah umrah dapat menempati Asrama Haji Jakarta.

“Jemaah umrah yang diberangkatkan pada tanggal Januari 2022 rencana akan kembali ke tanah air pada 17 Januari 2022,” kata dia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

INSTAGRAM

IKUTI KAMI

313,939FansSuka
48,132PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

TERKINI