PPP Minta Pemerintah Antisipasi Potensi Bencana di Semua Daerah

Jakarta – Ketua Lembaga Lingkungan dan Siaga Bencana (Ligana) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Iip Miftahul Khoiry meminta pemerintah untuk mengantisipasi potensi bencana di berbagai daerah di Nusantara seiring intensitas hujanyang tinggi Antisipasi ini penting untuk mengurangi bencana dan menghindari korban.

“Pemerintah harus siap dan segera mewaspadai peningkatan curah hujan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi, seperti longsor maupun banjir,” ujar Iip, Selasa (15/3/2022).

Anggota Komisi VIII DPR RI ini mengatakan, pemerintah pusat dan daerah harus benar-benar melakukan mitigasi bencana dan melindungi masyarakat. Apalagi dalam Undang-undang (UU) Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana tegas mengamanahkan bahwa rakyat harus dilindungi dan diselamatkan.

“Untuk itu, kami meminta Pemda melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masing-masing bertindak secara proaktif, maksimal, dan antisipatif terhadap potensi bencana alam,” ungkapnya.

Iip menyebut semua pihak mempunyai posisi strategis untuk mitigasi bencana. Dia mencontohkan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bisa memberikan informasi terkait prakiraan cuaca di satu wilayah untuk kemudian ditindaklanjuti oleh instansi terkait. Sehingga semua pihak harus bisa bekerja sama dan menjadi tim yang kuat. Maka Iip meminta pemerintah meningkatkan pengoordinasian pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, dan menyeluruh. Hal ini untuk mengoptimalkan kewaspadaan, menentukan langkah mitigasi, dan penanganan

“Kordinasi ini kunci utama dalam menentukan suksesnya mitigasi bencana alam. Upaya ini tidak bisa dilakukan mendadak, harus kerja keras dengan pola manajemen darurat serta sudah melakukan pemetaan, mengerahkan seluruh potensi dengan melibatkan semua unsur di dalamnya,” jelas dia.

Kemudian ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mewaspadai terjadinya bencana alam khususnya bagi warga yang tinggal di wilayah rawan bencana. Sehingga masyarakat dapat mengevakuasi diri jika akan terjadinya bencana alam. {*}

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

INSTAGRAM

IKUTI KAMI

313,185FansSuka
49,956PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

TERKINI