Tanggapi Logo Halal Baru, Wagub Uu: Warna Hijau Lebih Pas

Bandung – Perubahan logo halal yang diterbitkan Kementerian Agama (Kemenag) tuai kontroversi. Wagub Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menanggapi kontroversi soal perubahan logo tersebut.
Uu mengatakan Kemenag memiiki maksud dan tujuannya mendesain logo dengan sedemikian rupa. Namun, menurut Uu, yang terpenting adalah bagaimana Kemenag secara masif menyosialisasikan perubahan logo tersebut ke masyarakat.

“Tetapi ini semua harapan kami tidak menjadi polemik,” kata Uu dalam siaran pers yang diterima detikJabar, Rabu (16/3/2022).

Logo halal yang diterbitkan Kemenag berwarna ungu dilengkapi dengan kaligrafi. Sebagian masyarakat menilai bentuk logo halal teranyar itu persis dengan gunungan pewayangan.

Uu pun memberi tanggapan secara pribadi tentang perubahan logo. Menurutnya, kaligrafi dan tulisan dalam logo harus lebih jelas. Ia pun berharap ada perubahan warna yang menyimbolkan tentang Islam.

“Saya secara pribadi. Pribadi ya ini. Tulisan halal hurufnya dan warnanya jelas. Tidak dibuat kaligrafi yang sulit dibaca. Kalau warna hijau, menurut kami pas,” kata Uu.

Kemudian, Uu pun melanjutkan pilihan warna hijau yang diinginkannya tak berkaitan dengan partai politiknya. Saat ini, Uu menjabat sebagai Wakil Ketua DPW PPP Jabar.

“Tapi (hijau) identik dengan agama Islam dan religius. Halal ini hanya dimiliki Islam. Jadi hurufnya harus jelas,” kata Uu.

“Adapun mau memakai logo sebelumnya, mangga. Maupun tidak, mangga. Atau yang sekarang dipakai Kemenag. Substansinya, masyarakat tidak bingung tentang produk berlabel halal,” kata mantan Bupati Tasikmalaya itu menambahkan.

Lebih lanjut, Uu mengatakan perubahan logo halal bagian dari inovasi kebijakan. Sebelumnya, urusan logo halal merupakan kewenangan MUI, kemudian dipindahkan ke Kemenag.

Ia juga menyoroti soal masyarakat yang mengomentari logo halal teranyar itu mirip dengan gunungan pewayangan.

“Katanya sama kaya wayang. Itu dari mana sudut penafsirannya. Itulah (sudut penafsiran) yang menjadi kesimpulan. Kalau pakai kacamata kuning, dunia akan kuning. Kalau pakai kacamata hijau, dunia jadi hijau,” ucap Uu. (sud/yum)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

INSTAGRAM

IKUTI KAMI

313,187FansSuka
49,955PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

TERKINI