Jokowi Lantik Mardiono Jadi Utusan Khusus Presiden Pengentasan Kemiskinan

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik M Mardiono menjadi Utusan Khusus Presiden Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan. Mardiono sebelumnya merupakan anggota Wantimpres.

Acara pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/11/2022). Acara digelar secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selain melantik Mardiono, Jokowi menyaksikan acara pengucapan sumpah jabatan Guntur Hamzah sebagai hakim Konstitusi.

Hadir dalam acara itu Menko Polhukam Mahfud Md, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Ketua Mahkamah Agung M Syarifuddin, Ketua Wantimpres Wiranto, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, hingga Ketua Komisi Yudisial (KY) Mukti Fajar Nur Dewata.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya, keputusan presiden (keppres) pengangkatan Mardiono dibacakan.

Setelah itu, Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan. Rohaniwan berdiri di samping Mardiono.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut UUD Negara demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian petikan sumpah yang dibacakan Jokowi dan diikuti Mardiono.

Sebelumnya, Mardiono menyatakan dirinya bakal mengundurkan diri dari Wantimpres sebelum Desember 2022. Pengunduran itu dilakukan lantaran dirinya terpilih menjadi Plt Ketua Umum PPP.

“Sebelum Desember saya sudah mengundurkan diri,” kata Mardiono kepada wartawan di kantor DPP PPP, Jakarta, Senin (31/10).

Meski masih berstatus Plt, Mardiono mengatakan memiliki kewenangan sama seperti jabatan ketua umum definitif. Hal itu sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PPP.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

INSTAGRAM

IKUTI KAMI

313,160FansSuka
53,232PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

TERKINI