PPP Minta Pemerintah Mitigasi Potensi Bencana Akibat Hujan Deras

Jakarta – Ketua DPP PPP Dony Ahmad Munir meminta pemerintah untuk mewaspadai potensi bencana akibat musim hujan yang mulai turun. Apalagi saat masih banyak daerah rawan bencana seperti banjir dan longsor yang akibatk oleh hujan lebat.

“Hujan lebat dengan intensitas tinggi dalam waktu yang cukup lama saat ini sudah banyak terjadi di berbagai daerah Indonesia. Kondisi ini berpotensi menimbulkan bencana di yang perlu diantisipasi dengan cermat dan terencana oleh pemerintah pusat dan daerah,” kata Dony.

Dony yakin pemerintah daerah dan pusat sebenarnya sudah memiliki data tentang potensi bencana di setiap daerah. Apalagi sejumlah daerah juga rutin menghadapi kendala bencana tersebut setiap musim hujan. Data itu harus dimanfaatkan dengan baik, sehingga bencana bisa diantisipasi dan tidak menimbulkan korban, terutama korban jiwa.

“Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPD) di provinsi dan kab/kota harus meningkatkan koordinasi dalam mengantisipasi bencana, dan bisa cepat tanggap apabila ada bencana,” jelas Dony.

Dalam megantisipasi dan menangani bencana juga perlu didukung oleh institusi pendukung lainnya seperti dinas sosial. TNI, Polri dan lainnya. Sehingga semua pihak bisa saling bekerjasama dan siap siaga mengantisipasi dan menghadapi bencana. “Semua harus bahu membahu mengantisipasi bencana,” jelas Dony.

Dony juga mewanti-wanti semua pihak agar di tahun politik tidak lengah dalam mengantisipasi penanggulangan bencana. Sebab penanggulangan bencana merupakan hal penting yang bisa menyelamatkan banyak nyawa manusia. “Jangan di tahun politik semua konsetrasi dan perhatian dicurahkan hanya pada kontestasi politik, namun semua hal lain termasuk penanggulangan bencana jangan sampai luput dari perhatian,” pungkas Dony.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

INSTAGRAM

IKUTI KAMI

313,160FansSuka
53,232PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

TERKINI