Cetak Kader Peduli Lingkungan, Ligana PPP Gelar Kemah Persatuan

Jawa Barat – Lembaga Lingkungan dan Siaga Bencana (Ligana) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggelar Kemah Persatuan di Batutapak Camping Ground, Sukabumi, Jumat (11/12/2022).

Kegiatan yang berlangsung hingga 13 Januari 2022 ini diikuti oleh 115 peserta yang terdiri atas perwakilan atau delegasi dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP di seluruh Indonesia.

Sekjen PPP Arwani Thomafi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Kemah Persatuan Ligana bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada generasi muda tentang lingkungan dan kebencanaan.

“Generasi muda ini nantinya akan menjadi Duta Lingkungan di daerah mereka masing-masing,” kata Gus Arwani, sapaan akrabnya, Jumat (11/2/2022).

Menurutnya, keberadaan Ligana merupakan suatu elemen baru di PPP yang serius menerjemahkan makna keislaman yang Rahmatan Lil Alamin (Islam yang menebar cinta kepada seluruh alam).

“Ligana harus mampu memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat, punya kepedulian terhadap keberlangsungan lingkungan, serta peka terhadap kebencanaan,” paparnya.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI ini juga menjelaskan, bahwa Kemah Persatuan Ligana PPP ini bertujuan membangun soliditas dan keakraban di antara para paserta. Untuk itu, ia menekankan agar semangat dan sikap peduli lingkungan sekitar ini terus menyala.

“Ini sebuah pilihan bagi kita untuk meningkatkan eksistensi serta peran PPP dalam memberikan sumbangsih nyata kepada masyarakat. Dengan demikian, akan menjadi tonggak bagi kebangkitan PPP kedepan,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Ligana DPP PPP Iip Miftahul Khoiri mengungkapkan, Ligana merupakan entitas baru di tubuh PPP yang fokus pada persoalan ingkungan dan kebencanaan.

“Ligana ingin mencetak kader-kader PPP yang punya kepedulian terhadap lingkungan dan punya kepekaan terhadap kebencanaan,” tuturnya.

Legislator muda PPP ini menyatakan, pihaknya bertekad menjadikan Ligana sebagai wadah yang mempersatukan, baik usia maupun gagasan. Karena itu, Ligana mengadakan kegiatan yang punya daya tarik dan kekinian.

“Life is about energy, is not about age (Hidup itu tentang energi, bukan tentang umur), sebab itu kita ingin menjalin silaturahim seluas-luansya,” ucap anggota Komisi VIII DPR ini.

Pembukaan kegiatan Kemah Persatuan Ligana ini dimeriahkan dengan menyalakan api unggun dan menerbangkan lampion oleh peserta.

Hadir pula dalam pembukaan kegiatan ini Bendahara Umum DPP PPP Surya Batara Kartika, Ketua DPP PPP Syarifah Amelia, Jajaran DPW Jawa Barat dan DPW PPP Banten, serta Pengurus DPC Sukabumi dan anggota Fraksi PPP DPRD Sukabumi.

Selain kegiatan pelatihan dalam rangkain kegiatan Kemah Persatuan ini juga akan dilaksanakan Musyawarah Sungai. Kegiatan seminar menghadirkan pakar lingkungan, pejabat pemerintah dan stakehorlder terkait untuk memperkuat komitmen menjaga sungai untuk kelestarian lingkungan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

INSTAGRAM

IKUTI KAMI

313,165FansSuka
49,999PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

TERKINI