PPP Apresiasi Langkah Pemerintah Ganti Rugi Ternak yang Mati Akibat PMK

Jakarta – Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PPP Ema Umiyyatul Chusnah menyebut wabah penyakit PMK semakin meresahkan masyarakat seiring terus bertambahnya ternak mati. Ia pun mendukung rencana pemerintah memberikan ganti rugi sebesar 10 juta rupiah untuk setiap ekor ternak yang mati akibat PMK.

“Pemerintah memang perlu memberikan kompensasi bagi petani yang hewan ternaknya mati akibat terserang PMK,” kata Ema.

Ia berharap kompensasi yang diberikan dapat meringankan beban masyarakat khususnya petani dan peternak. Kompensasi diharapkan tidak hanya untuk tiap ekor sapi yang mati namun juga dapat dirasakan oleh peternak kambing.

“Selain itu kami mendorong agar diberlakukan karantina tingkat desa bagi hewan ternak untuk mencegah penyebaran PMK. Saat ini pemerintah telah menyiapkan vaksin ternak sebanyak 29 juta dosis untuk penanganan PMK. Kami mendorong percepatan proses vaksinasi,” tambahnya.

Kedepan, Ema beeharap pemerintah bersama DPR perlu mengalokasikan anggaran untuk mendorong program Inseminasi Buatan (IB) untuk memproduksi bibit-bibit sapi unggul setelah wabah PMK usai.

“Kami juga berharap pemerintah menyiapkan program strategis jangka panjang agar mendorong peningkatan produksi daging dalam negeri untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan pertumbuhan ekonomi berbasis kerakyatan,” pungkasnya.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

INSTAGRAM

IKUTI KAMI

313,160FansSuka
53,232PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

TERKINI