Gandeng Kemenpora, GMPI Bekali Pemuda Pengetahuan Memimpin Rumah Tangga

Jakarta – Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI) bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menggelar Pelatihan Kepemimpinan Pemuda dan Rumah Tangga (PKPRT) di Hotel Kaisar, Jakarta Selatan, Senin (3/7/2023).

“Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 60 peserta yang merupakan kader GMPI dari berbagai wilayah seluruh Indonesia, bertujuan membekali para pemuda dengan pengetahuan tentang bagaimana strategi yang tepat bagi para pemuda dalam memimpin rumah tangga,” jelas Ketua Panitia PKPRT Hammam Asyari.

Hammam melanjutkan kegiatan PKPRT ini merupakan bagian dari iktiar negara untuk membina generasi muda menyiapkan pribadi dalam menempuh kehidupan baru yang tentu berbeda antara sebelum menikah dengan setelah menikah.

“Sehingga para pemuda, khususnya para kader GMPI memiliki pengetahuan tentang rumah tangga dan bukan saja untuk bekal pengetahuan diri sendiri namun kita harapkan mereka bisa ikut menyebarkan pengetahuan yang didapat pada kegiatan ini,” katanya.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Abdulllah Mas’ud mengatakan program PKPRT bagian dari program kepemimpimnan di Kemenpora kususnya di Deputi Pengembangan Pemuda yang tujuannya mengembangkan potensi pemuda di bidang kepemimpinan, kepeloporan dan kewirausahaan.

“Pada pelatihan ini kita sampaikan mulai dari Aspek hukum, yaitu bagaimana calon pemimpin rumah tangga mengerti hukumnya atau khususnya jika dalam agama Islam adalah fikih nya, tentunya rujukannya undang-undang perkawinan,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Mas’ud, adalah aspek psikologi, karena pernikahan membutuhkan persiapan yang cukup, pernikahan itu butuh persiapan pengetahuan psikologi dalam jenjang rumah tangga.

“Selanjutnya, aspek perencanaan atau manajemen keungan dalam rumah tangga, karena seringkali muncul kegagalan dalam rumah tangga dikarenakan oleh salah mengelola keuangan rumah tangga,” jelasnya.

Aspek selanjutnya adalah Kesehatan Reproduksi serta bagaimana pola mengasuh anak yang baik dan benar.

“Aspek-aspek merupakan kewajiban untuk dikuasai sebelum para pemuda ini meyakinkan diri berumah tangga,” tandasnya.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

INSTAGRAM

IKUTI KAMI

313,160FansSuka
53,232PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

TERKINI